Selasa, 07 Februari 2012

Fungsi Air Mata

| Selasa, 07 Februari 2012 | 2 komentar

Susunan jaringan pada mata
Bagi sebagian orang menangis merupakan suatu hal yang memalukan, apalagi buat kaum pria. Apabila seorang pria menangis pasti banyak orang yang berkomentar kalau dia itu pria cengeng, manja, masih kekanak-kanakan. Tapi walaupun demikian setiap orang pasti pernah menangis, dan jika ada orang yang tidak pernah menangis mungkin dia memiliki keanehan yang perlu diperiksa. Kadang kala kita menangis apabila ada hal yang  menyedihkan terjadi dalam hidup kita. Baik pada saat kita khusuk berdoa, mengigat semua dosa-dosa yang pernah kita lakukan, mendapat nilai yang jelek, ataupun ditinggalkan oleh orang yang kita kasihi.

Dibalik betapa malunya menangis itu, ternyata menangis dengan mengeluarkan air mata itu memiliki manfaat bagi tubuh kita. Air mata yang keluar itu ternyata mendatangkan efek positif yang sangat berguna buat kita. Berikut merupakan beberapa manfaat mengeluarkan air mata pada saat kita menangis :

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.

Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.


6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.


7. Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.

Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak.


Jadi buat teman-teman yang hendak menangis, menangislah. Gak usah malu sebab menangis memiliki banyak manfaat. Gak perlu sungkan-sungkan bila hendak nangis karena bagus untuk menjaga kesehatan dan bagi kaum pria jangan gengsi menangis karena bisa mengurangi sedikit beban yang mengganjal di hati dan di pikiran. Siapa tau setelah menangis dapat solusi untuk menyelesaikan beban tersebut. Semoga bermanfaat. 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

baiklah to, mari kita nangis beramai-ramai... hiks hiks hiks

Armand Sitanggang mengatakan...

wkwwkwk....
:)) =)) :D
ups...
salah...
hiks..hiks..hiks...
:((

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com